Tim Indonesia Juara Umum Lomba Matematika di India


TEMPO.COJakarta – Perjuangan pelajar Indonesia mengikuti lomba matematika di India membuahkan hasil. Tim Indonesia meraih juara umum kompetisi Wizards At Mathematics International Competition (Wizmic) 2014 di Lucknow, India, yang berlangsung pada 18-21 Oktober 2014.

Para siswa dari Klinik Pendidikan MIPA (KPM) yang mewakili Indonesia meraih delapan medali emas, lima perak, dan tiga perunggu untuk kategori perorangan. “Hasil ini sangat membanggakan karena jauh lebih baik dari yang diraih di Wizmic 2011, yakni dua medali emas, lima perak, dan sembilan perunggu,” kata Presiden Direktur KPM Ridwan Hasan Saputra melalui surat elektronik dari India. (Baca: Mutu Pendidikan Indonesia Terendah di Dunia)

Peraih medali emas kali ini adalah Dick Jessen William (pelajar SMP Santa Maria, Pekanbaru), Ignatius Kent Hastu Parahita (SMPN 26, Surabaya), Alfian Edgar Tjandra (SMP Springfield, Kota Depok), Irfan Urane Aziz (SMPN 2, Kota Depok), Fauzan Rafif Widyanto (SMPN 211, Jakarta Selatan), Pikatan Arya Bramajati (SDN 2 Sokanegara, Purwokerto), Muhammad Surya Siddiq (SMPIP Daarul Jannah, Kabupaten Bogor), dan Rio Alexander Audino (SMPN 1, Singaraja, Bali).

Mereka yang mendapat perak adalah Novianita Isnaynizahra (SMPIT Ummul Quro, Bogor), Muhammad Hanif Afisena Nasution (SMPI Al Azhar 8, Kemang Pratama, Kota Bekasi), Mohammad Faraz Abisha Mirza (SMPI Al Azhar 8, Kemang Pratama, Kota Bekasi), Vania Rizky Juliana Wachid (SMPN 1, Surabaya), dan Azzahid A. Fairuzhaq Poeloengan (SMPN 1, Kota Bogor)

Peraih medali perunggu adalah Armand Khalif Susetyo (SMP Labschool Kebayoran, Jakarta), Hanan Fahmi (SMPI Al Azhar 12, Jakarta), dan Adinda Putri Salsabila (SMPN 1, Surabaya). Pada lomba kali ini, KPM yang berkantor pusat di Bogor mengirimkan 16 siswa yang terbagi menjadi empat tim. (Baca: 4.000 Orang Adu Pintar di Olimpiade Sains Bandung)

Untuk lomba kategori kelompok, tim Indonesia meraih satu medali emas, dua perak, dan satu perunggu pada lomba yang dilaksanakan di City Montessori School (CMS) Lucknow. Tim Indonesia A yang mendapat emas adalah Dick Jessen William, Alfian Edgar Tjandra, Novianita Isnaynizahra, dan Irfan Urane Aziz.

Selain mendapat emas, Tim A juga memperoleh penghargaan Champion Overall atau yang tertinggi untuk kategori tersebut. Tim ini menduduki peringkat pertama dari 43 tim yang mengikuti Wizmic 2014. Peserta berasal dari Indonesia, Thailand, Filipina, Afrika Selatan, dan India.

Tim Indonesia B yang diwakili Muhammad Surya Siddiq, Fauzan Rafif Widyanto, Ignatius Kent, Azzahid AF Poeloengan, dan Tim D yaitu Rio Alexander Audino, Pikatan Arya Bramajati, Hanan Fahmi, dan Armand Khalif masing-masing meraih medali perak untuk kategori Team Award. Sedangkan Tim Indonesia C yang diwakili Muhammad Hanif Afisena, Mohammad Faraz Abisha Mirza, Vania Rizky Juliana Wachid dan Adinda Putri Salsabila, meraih medali perunggu.

Di kategori Group Award, Indonesia meraih penghargaan dua medali emas yang diraih Tim Indonesia A dan B serta dua medali perak yang diraih Tim Indonesia C dan D. Kontingen Indonesia juga mendapat sambutan meriah saat menampilkan tari Tor-tor pada malam budaya. Tim pelajar Indonesia rencananya akan kembali ke Tanah Air pada Kamis, 23 Oktober 2014 pagi hari.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *