[DIY] Belajar Bermain dengan Resin Epoxy

Resin … mungkin sebagian orang belum begitu mengenal tentang resin. Apa itu resin dan apa kegunaanya.

Dalam dunia industri atau kontruksi, penggunaan resin memang begitu populer. Bahkan dalam pembuatan kerajinan tangan, resin juga kerap digunakan. Bahkan mungkin beberapa diantara kalian pernah melihat, namun tak tahu jika benda tersebut dibuat dengan resin.

Kegunaan dan juga banyak variasi juga bisa dibilang sebagai salah satu keunggulan dari resin ini. Resin pun banyak ragamnya:

  1. Resin Epoxy
  2. Resin Vinyl Ester
  3. Resin Polyester
  4. Resin upcast
  5. Resin Akrilik
  6. Resin Fenolik
  7. Resin Polietilen
  8. Resin Polistiren
  9. Resin Poliamida

Untuk tahu lebih detail tentang resin, kalian bisa mendapatkan banyak referensi/literature di internet.

Dalam tulisan dan video kali ini, penulis hanya sekedar berbagi ilmu dasar yang baru saja dipelajari dan dipraktekkan. Project pertama adalah membuat nampan berbahan dasar kayu, yang dilapis/coated dengan resin epoxy.

Dari hasil praktek tersebut, penggunaan resin epoxy bisa dibilang cukup mudah. Mudah dalam arti untuk proses belajar. Karena tidak perlu alat pertukangan yang terlalu banyak, hanya dibutuhkan modal kesabaran dan ketelitian. Ya tentu saja selain modal untuk membeli bahan resin-nya 🙂

Yang perlu diperhatikan dalam proses belajar adalah:

  • Kenali tipe dan karakter resin-nya. Sekali lagi, ini mudah sekali ditemukan di internet
  • Teliti dalam proses pencampuran antara base dan hardener/catalist nya (pengeras). Budayakan membaca semua instruksi yang terdapat dalam kemasan.
  • Safety pastinya … selalu gunakan masker dan sarung tangan

Pada praktek pertama saya dalam video diatas, saya menggunakan Resin Epoxy. Dimana salah satu keunggulan dari resin epoxy yang saya gunakan diatas adalah auto levelling & glossy, atau bahasa kerennya adalah otomatis rata dan mengkilap, tanpa perlu di poles lagi di finishing-nya.

Nah … bagi para pecinta seni dan senang “ngoprek” sendiri (apa ini bahasa Indonesia nya ya?) … mari sama-sama belajar. Siapa tahu, sesuatu yang dimulai dari tertarik, menjadi suka, lanjut ke level bisa melakukan hingga menjadi seorang yang ahli … akhirnya hal itu akan mendatangkan uang.

Selamat mencoba!!!

Add a Comment

Your email address will not be published.