Baterai iPhone Anda Panas ?


Kejadian ini saya alami beberapa waktu yang lalu. iPhone 4 saya tiba-tiba panas, padahal tidak dalam kondisi di charge ataupun digunakan. Kaget dan bingung juga sih awalnya … tapi tidak sampai dalam tahap panik 🙂 Masih ada mbah google sebagai sumber pencarian referensi atau tanya teman.

Setelah mengumpulkan beberapa informasi, panas yang dihasilkan Iphone ketika dalam posisi standby adalah akibat dari aplikasi yang berusaha mengirim data yang ukurannya besar atau mengalami kegagalan dalam proses mengirimkan data. Hal itu juga dapat menyebabkan baterai cepat habis terkuras. Permainan juga dapat menyebabkan baterai cepat habis, tetapi jelas kalo iPhone dalam posisi standby, hal tersebut bukanlah isu yang sesungguhnya. Langkah-langkah untuk memperbaikinya adalah dengan cara mengidentifikasi aplikasi yang menyebabkan hal itu terjadi. Walaupun kadang-kadang bukan karena aplikasi yang menyebabkan hal itu terjadi. Tetapi bila memang aplikasi adalah penyebabnya, untuk memperbaikinya, kita akan menonaktifkan aplikasi tersebut, melakukan reboot dan mencoba mengaktifkan kembali aplikasi tersebut. Kualitas dan kekuatan sinyal dari operator juga bisa menjadi salah satu penyebab, karena sinyal yang buruk menyebabkan iphone terus bekerja mencari sinyal.

Tips Mengatasi Iphone Cepat Panas

  1. Masuk ke menu Setting -> General -> Reset -> Reset Network Setting, kemudian lakukan reboot. Setting dan password Wi-Fi Anda akan hilang, jadi, sebelum melakukan hal ini, sebaiknya Anda mencatat setting atau passwordnya.
  2. Masuk ke menu Setting -> General -> Reset ->Reset All Settings
  3. Coba non-aktifkan beberapa aplikasi berikut ini di Setting -> General -> Restrictions: Multiplayer Games, Ping, App Store, dan iTunes Store. Kemudian lakukan reboot. Jika langkah ini menyelesaikan masalah, aktifkan kembali satu-persatu aplikasi diatas dan perhatikan apakah masalahnya kembali terjadi.
  4. Periksa aplikasi lain dari pihak ke 3, yang bukan dari Apple, seperti Facebook, Yahoo, atau aplikasi lain yang menggunakan Notifications (seperti: aplikasi berita) dan semua aplikasi streaming yang lain. Beberapa diantaranya tidak akan mati kecuali Anda matikan, logout / logoff atau uninstall.
  5. Beberapa orang melaporkan bahwa Facetime dan aplikasi Find my iPhone menyebabkan baterai iPhone cepat habis. Silahkan dicek
  6. Kuras baterai hingga habis dan iPhone Anda mati dengan sendirinya, kemudian charge lagi sampai penuh dengan charger aslinya. Ulangi beberapa kali jika gejala panas masih ada. Dalam kasus saya, pengurasan dilakukan sebanyak 3 kali 😀

Semoga bermanfaat 🙂 Anyway, jika baterai masih panas juga setelah beberapa kali tindakan dan Anda sudah menyerah, silakan dibawa ke tukang service untuk ganti baterai dengan yang baru dan orisinil.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *