Tips Merawat Baterai Laptop

Tips kali ini informasi mengenai bagaimana cara merawat baterai laptop agar baterai lebih awet dan memperpanjang umur baterai. Adapun tips nya adalah sebagai berikut:

  1. Jika Anda akan menggunakan Laptop anda dalam waktu yang cukup lama sebaiknya lepaskan baterai laptop dan gunakan charge langsung. Jika baterai terpasang dan charge juga terpasang akan dapat menyebabkan baterai cepat bocor. Walaupun laptop terkini sering memiliki sirkuit yang memastikan baterai tidak digunakan bila charge terpasang, tapi suhu panas juga mempersingkat masa pakai baterai. Ingat, baterai laptop digunakan hanya ketika listrik tidak dapat digunakan langsung.
  2. Jika menggunakan laptop tanpa baterai (baterainya dilepas), pastikan arus listrik stabil atau gunakan stabilizer, dikhawatirkan apabila tiba-tiba listrik mati perangkat laptop terjadi konsleting (LCD, motherboard, dan lain-lain) dan mengakibatkan kerusakan laptop.
  3. Pastikan tidak melakukan pengisian baterai jika baterai sudah penuh. Lakukan pengisian jika daya baterai tinggal 15% sampai 10%.
  4. Jika laptop tidak dipakai untuk waktu yang lama (misal seminggu) disarankan untuk melepas baterai dan simpan ditempat yang kering terhindar dari sinar matahari. Walaupun dilepas, jangan biarkan baterai tersebut kosong. Lakukan pengisian sebelum dilepas.
  5. Terlalu sering menghidupkan dan mematikan laptop dalam jangka waktu yang singkat akan memperpendek umur baterai. Sebaiknya cukup menggunakan mode sleep karena baterai tidak akan bekerja keras untuk proses penghidupan laptop.
  6. Charger dan baterai original juga sangat berpengaruh terhadap keawetan umur baterai.
  7. Pastikan untuk mengkonfigurasi pengaturan baterai laptop Anda dengan tepat. Aturlah periode Sleep laptop Anda agar memungkinkan Anda untuk menonaktifkan layar dan hard disk setelah jangka waktu tertentu komputer tidak digunakan. Tentukan periode ini sesingkat mungkin untuk memaksimalkan masa pakai baterai.
  8. Nonaktifkan Bluetooth dan WiFi ketika tidak diperlukan. Ketika Anda menonton film, atau mengetik dokumen dan Anda tidak perlu online, menonaktifkan perangkat nirkabel. Hal ini akan membantu menghemat daya, sebab konsep Bluetooth dan WiFi adalah mengirim dan menerima signal walaupun Anda tidak menyadarinya dan ini menghabiskan daya. Lebih parah lagi jika kedua fitur ini Anda aktifkan ditempat yang sama sekali tidak ada signal.
  9. Kurangi mengkonfigurasi layar (Brightness) terlalu terang. Di satu sisi layar lumayan terang adalah baik karena tulisan lebih jelas, tetapi di sisi lain makin terang layar makin banyak daya yang digunakan.
    Cara pengaturan : Start –> Control Panel –> Power Option –> Power Saver

  10. Sejalan dengan tips sebelumnya, Anda harus menonaktifkan screen saver. Terutama ditujukan untuk mencegah layar agar tidak terbakar, screen saver mengkonsumsi daya jauh lebih tinggi karena CPU aktif dan kartu video dan layar digunakan juga. Ini sama dengan menonton video pada laptop.
  11. Selain menonaktifkan Bluetooth dan perangkat nirkabel, juga melepaskan setiap perangkat eksternal ketika tidak diperlukan. Sebuah USB atau mouse nirkabel, memory stick USB, harddisk eksternal atau kartu PCMCIA yang tidak sedang digunakan pada laptop harus dilepas. Semua perangkat tadi menggunakan daya dari laptop Anda.
  12. Jika Anda ingin mendengarkan musik, gunakan headset dan bukan speaker. Karena speaker laptop kecil maka walaupun volume musik sudah maksimal tetapi suara tidak maksimal di telinga Anda. Jika volume Anda naikkan maka penggunaan daya juga bertambah besar.
  13. Menggunakan cooling pad sangat disarankan untuk mengurangi panas penyebab kerusakan komponen-komponen baterai.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *