Digital Marketing apa Internet Marketing?

Digital marketing, pasti sebagian orang atau bahkan mungkin semua orang (termasuk saya tentunya) akan mengamini ketika mendengar pernyataan bahwa “digital marketing adalah aktifitas marketing yang dilakukan melalui internet”.

Ternyata pendapat itu tidak sepenuhnya benar, jika merujuk pada sebuah definisi sederhana yang terdapat di hampir setiap pojok rumah mbah Google.

Digital marketing didefinisikan sebagai cara untuk mempromosikan sebuah produk/brand dengan menggunakan segala bentuk iklan digital. Media yang digunakan adalah TV, Radio, digital billboard, mobile phone (SMS, MMS), email, web, dan segala sesuatu yang berbasis internet lainnya yang bertujuan untuk menjangkau target dalam waktu yang singkat, efektif dan efisien.

Nah loh!

Dengan merujuk definisi diatas, mungkin lebih tepat jika kita mengatakan bahwa aktifitas pemasaran yang dilakukan melalui internet dinamakan dengan INTERNET MARKETING.

Tetapi karena internet menjadi komponen utama dan terbesar dari aktifitas digital marketing, maka terjadi pergeseran definisi dimana digital marketing = Internet Marketing.

Apalagi  dengan munculnya modus baru yang dinamakan dengan social media marketing, hal ini semakin mengukuhkan bahwa digital marketing itu ya internet marketing, dan internet marketing adalah digital marketing.

Hal ini pastinya menimbulkan klaim sepihak yang menyatakan bahwa TV, Radio, SMS dan MMS adalah bukan bagian dari digital marketing.

Tapi untuk kasus ini, kita ikuti saja apa kata William Shakespear “Apalah arti sebuah nama”. Tidak perlu didiskusikan, diperdebatkan apalagi diperjuangkan 😀

Karena sejatinya, konsep marketing di jaman nuklir seperti sekarang ini adalah konsep O2O (offline to online – online to offline)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *