Perbedaan 1 Syawal

Sekali lagi terjadi perbedaan dalam menentukan jatuhnya 1 Syawal atau Idul Fitri atau juga yang lazim disebut dengan hari lebaran.

Penentuan 1 Syawal dilakukan dengan melihat pemunculan hilal atau bulan, sama seperti yang dilakukan pada saat penentuan 1 Ramadhan.

Bukankah hilal atau bulan itu cuma ada satu? Lalu kenapa bisa berbeda? Tentunya ada bermacam alasan penyebab perbedaan itu, salah satunya adalah letak geografis. Tapi saya tidak akan membahas lebih detail kenapa dan mengapa bisa terjadi perbedaan.

Bagi saya pribadi, perbedaan itu indah. Sama halnya ketika kita melihat bermacam warna disekitar kita. Ada merah, kuning, hijau, biru, putih dan ratusan warna lainnya. Namun warna-warna itu membentuk satu rangkaian yang sangat indah. Bayangkan jika disekitar kita hanya ada satu warna, betapa monotonnya kehidupan ini.

Begitu juga dengan perbedaan tentang jatuhnya 1 Syawal. Tidak perlu berdebat, tidak perlu pertentangan apalagi pertikaian.

1 Syawal terlalu suci untuk diperdebatkan. Lagipula, ada Imam yang harus kita jadikan panutan. Pun ketika ada perbedaan pendapat, kita ikutin saja Imam kita masing-masing.

Selamat Idul Fitri 1432 H … Minal Aidzin Wal Faidzin



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>