Indonesia Advertising Revenue

Post-media-market-chart-1sumber: http://redwing-asia.com/

Pembelanjaan iklan di Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Pada tahun 2012 tercatat sekitar USD 7.6 bn. Dan di tahun 2015 sudah mencapai USD 12.9 bn dan diperkirakan pada tahun 2016 ini akan menembus angka USD 15 bn. Angka yang fantastis.

Ada yang menarik dari grafik diatas, yaitu ternyata TV masih mendominasi pembelanjaan iklan dengan hampir 70%, sementara digital yang hanya mendapatkan porsi sekitar 5% saja. Meskipun pertumbuhan iklan di digital juga berkembang dengan cukup pesat.

Hal ini wajar saja, karena TV masih belum terkalahkan dari urusan REACH atau jumlah audience yang bisa disasar. Sementara digital atau internet, tidak bisa dipungkiri masih “kecil” karena perkembangan internet di Indonesia juga masih belum merata atau berlum tersedia di seluruh pelosok tanah air. Beda dengan TV.

Namun para pemain digital tidak perlu berkecil hati. Semua hanya tinggal menunggu waktu, untuk terjadi perubahan dari pemasangan iklan konvensional ke iklan digital. Strategi pemasaran pun akan terus berubah seiring dengan perkembangan teknologi dan juga kesiapan pasar/masyarakat untuk mengadopsi internet sebagai bagian dari gaya hidup.

So … let’s do digital!

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>