#DIY – Membuat Lilin Aroma Terapi Kopi

Gb1. Lilin Aromaterapi Kopi
Gb2. Lilin aromaterapi kopi dengan mangkuk kayu

Bagi anda para pecinta kopi di manapun berada ternyata biji kopi bukan hanya bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan dan minuman yang mempunyai khasiat bagus untuk tubuh manusia dengan rasa istimewa, akan tetapi ternyata biji kopi pun bisa dijadikan sebuah aroma terapi kesehatan yang nantinya dikombinasikan dengan lilin yang menghasilkan sebuah aromaterapi yang luar biasa menenangkan pikiran dan juga pastinya menyehatkan untuk anda semua.

Tidak bisa dipungkiri apabila ekstrak biji kopi sampai saat ini terus dilakukan penelitian dan dilakukan percobaan sehingga di Indonesia sendiri banyak sekali ekstrak bubuk kopi yang dijadikan bukan hanya sebagai minuman akan tetapi produk kesehatan salah satunya adalah masker ampas bubuk kopi dan lainnya, lanjutnya yang paling terbaru adalah Anda bisa menggunakan ekstrak biji kopi menjadi sebuah lilin aromaterapi yang menyegarkan dan membuat pikiran tenang.

Aromaterapi yang berasal dari biji kopi memang bukan sesuatu hal yang baru bagi mereka yang sangat mencintai kopi biasanya sangat antusias membeli produk lilin aromaterapi dengan harum kopi akan tetapi bagi Anda yang penasaran ingin membuatnya maka bisa melakukan di rumah masing-masing.

Membuat Lilin Aroma Terapi

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat lilin aromaterapi maka bisa mengikuti 2 langkah berikut ini.

  • Siapkan biji kopi yang sudah digiling terlebih dahulu
  • Siapkan bahan lilin nantinya akan dicairkan untuk selanjutnya dicampur. Anda bisa menggunakan bahan parafin, soy wax, palm wax, bee wax atau bahkan lilin batangan yang mudah ditemukan dipasaran (untuk lilin batangan, potong kecil-kecil untuk mempercepat proses pencairan). Kali ini saya menggunakan Soy Wax (lilin kedelai) yang ramah lingkungan karena terbuat dari kedelai, tanpa asap dan bisa terbakar habis.
  • Masukkan ke dalam wadah tahan panas supaya ketika dipanaskan dengan air mendidih di dalam panci gelas bisa menyalurkan panasnya. Sangat tidak disarankan untuk mencairkan lilin secara langsung (dipanaskan dengan api langsung, untuk menghindari bahan lilin terbakar – alih-alih mencair)
  • Siapkan wadah gelas atau cangkir sebagai tempat wadah untuk mencampurkan bubuk kopi dan juga cairan lilin di mana anda bisa memberikan tambahan ekstrak rasa lain supaya aroma kopi lebih tercium tajam. Kali ini saya menggunakan gelas sloki
  • Tunggu supaya lilin cair jadi padat selanjutnya setelah padat maka jadilah lilin aromaterapi kopi. Supaya padat sempurna, diamkan lilin selama kurang lebih 6 jam pada suhu kamar. (Lihat Gb.1)
  • Untuk mempercantik dan menambah aroma kopi, Anda juga bisa menambahkan biji kopi yang di sangrai di sekitar lilin. Taruh dalam mangkuk kaca/kayu. (Lihat Gb.2)

Produk tersebut diatas bisa didapatkan di http://tokopedia.com/tokoculung atau IG: @toko_culung

Selamat Berkarya!!!

Add a Comment

Your email address will not be published.