Air Dari Tandon Gagal Mengalir

air-pdam-mampet

Kejadian ini terjadi 3 hari yang lalu, dimana tiba-tiba tidak setetes air pun keluar dari kran. Padahal beberapa detik sebelumnya lancar jaya. Cek ke semua kran yang ada, dan hasilnya sama. Tidak ada air sama sekali! Errgghhhh …. kesel dan bingung, karena kejadiannya mendadak daaaaannnnnnnn waktu menunjukkan sekitar pukul 2 dini hari 🙁

Akhirnya, dengan terpaksa saya naik ke menara air/tandon untuk ngecek. Dan betul dugaan saya, ternyata air dalam tandon habis. Water level meter (radar) saya sepertinya gagal bekerja sehingga tidak mengaktifkan jet pump. Malam itu juga saya bongkar radarnya dan ternyata ada karat yang menyebabkan dia gagal bekerja. Setelah karat di semprot dengan cairan pembersih karat …. radar berfungsi normal. Pompa bekerja lagi dan mengisi tandon dengan air. Yessss!!!!!

Kembali turun dan berniat cuci tangan. Whattttttt ?????? Air tetap tidak mengalir, yang ada hanya suara angin yang keluar dari ujung kran. Suara anginnya seperti (maaf) suara kentut … pret pret pret. Waduh, PR belum selesai rupanya. Saluran air saya masuk angin!!!!!

Semua kran di dalam rumah sudah dibuka dan pompa dorong diaktifkan, tapi tidak ada tanda-tanda air keluar. Hmmmm …. lelah!

Setelah beberapa saat terdiam, akhirnya saya teringat bahwa ada satu kran yang belum terbuka. Kran paling ujung yang ada di car port! Bereskah? Belum juga rupanya, padahal semua kran sudah dibuka. Weladalaaaahh. Terdiam lagi …

Akhirnya ketemua ide (jujur, saya nggak tahu ini pakai rumus fisika yang mana … cuman tiba-tiba terlintas di pikiran saja), hanya ada 2 kran yang saya buka dan selebihnya ditutup. Yaitu 1 kran yang paling dekat dengan tandon dan 1 kran paling ujung yang ada di carport. Daaaaannn ….. jreng jreng, air mulai mengalir meskipun kecil. Tapi yang pasti ini menuju ke arah yang sudah benar. Untuk mempercepat proses pengeluaran angin, saya pun mengaktifkan pompa dorong. Dan bret bret bret bret … suara angin keluar dari ujung kran. Akhirnya, aliran air kembali normal!!!!

Demikian kisah malam saya yang cukup menyedihkan, semoga bermanfaat 🙂

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *