Tips Ringan Merawat Laptop

tips megawatt laptop

Seperti halnya dengan semua barang, tentunya harus dijaga dan dirawat dengan baik dan benar supaya masa pakainya bisa lama/awet. Begitu juga dengan laptop. Nah, berikut tips-tips ringan untuk merawat laptop kesayangan:

  1. Bersihkan laptop dari debu secara rutin dan berkala
    Hal ini yang pertama harus anda lakukan, walaupun kedengarannya sepele tapi hal ini juga merupakan cara yang baik untuk menjaga laptop tetap awet. Selain karena alasan kebersihan, dengan membersihkan debu yang ada pada laptop akan mencegah resiko penyumbatan kipas pembuangan laptop dikarenakan debu.

    Bersihkanlah laptop sekurang-kurangnya seminggu sekali, gunakan kuas yang halus untuk membersihkan bagian keyboard dan gunakan kain dengan tekstur lembut untuk membersihkan LCD laptop.

  2. Selalu gunakan baterai laptop dengan baik
    Gunakan baterai laptop dengan baik untuk agar baterai lebih awet dan memperpanjang umur baterai. Tips bagaimana merawat baterai laptop bisa dibaca pada tips kami sebelumnya.
  3. Jangan letakan barang yang berat di atas laptop
    Meletakan barang-barang berat di atas laptop seperti buku atau semacamnya bisa berpotensi membuat rusaknya layar LCD. Memang tidak langsung rusak, tapi jika terus seperti itu LCD anda akan rusak secara perlahan.
  4. Jangan letakan laptop di atas permukaan yang lembut seperti kasur
    Ketika sedang dalam keadaan menyala, laptop akan terus mengalirkan hawa panas keluar karena kinerja processor, harddisk dan komponen lainnya di dalam laptop itu semua menghasilkan panas. Oleh karena itu laptop membuang semua hawa panas itu ke bagian luar.

    Apabila anda meletakan Laptop di atas permukaan yang lembut seperti kasur ketika laptop sedang menyala ini sangatlah tidak baik, hawa panas laptop akan sulit untuk keluar sehingga dapat menyebabkan processor laptop menjadi cepat panas, jika ini terus berlangsung processor laptop akan menjadi rusak.

  5. Hindari laptop dari getaran dan alat elektromagnetik lainnya
    Sebisa mungkin jauhi laptop dari getaran dan alat-alat elektromagnetik seperti loudspeaker, handphone, dan apapun yang memiliki getaran yang cukup kuat.
  6. Perhatikan suhu ruangan
    Ini hampir sama dengan point nomor 4. Suhu yang terlalu panas dapat menyebakan kerusakan pada komponen-komponen laptop. Jadi perhatikan suhu ruangan, jika memang terasa panas dan anda menggunakan laptop untuk waktu yang cukup lama sebaiknya coba untuk gunakan Cooling Pad.
  7. Selalu gunakan antivirus
    Sebenarnya ini lebih kepada software, tapi ini juga berpengaruh terhadap hardware, karena laptop yang memiliki banyak virus tentunya akan membuat kinerjanya semakin lambat. Mungkin ada jenis virus yang membuat beban lebih kepada processor dengan cara membuka banyak program dalam waktu yang bersamaan. Jika ini terus terjadi, bisa terjadi kerusakan pada processor laptop. Untuk antivirus pada laptop kantor anda silahkan gunakan antivirus terkini standard perusahaan.
  8. Letakan laptop di permukaan yang datar
    Usahakan agar laptop diletakan pada permukaan yang datar, karena ketika laptop dalam kondisi menyala, piringan yang ada di dalam harddisk dalam kondisi berputar. Jika anda meletakan laptop pada sudut kemiringan tertentu bisa menyebabkan head hardisk menggores piringan tersebut. Hal ini bisa berujung kepada banyaknya bad sector pada harddisk laptop.
  9. Hindari dari benda cair
    Ini sudah pasti, bukan hanya laptop tapi semua barang elektronik memang harus dihindarkan dari benda cair karena dapat menyebabkan korsleting listrik dan laptop menjadi kotor.
  10. Tidak menggunakan laptop seharian penuh
    Gunakanlah laptop sewajarnya, jangan jadikan laptop seperti server yang tak pernah mati, laptop sebaiknya tidak dipakai berjam-jam seharian penuh layaknya kita menggunakan desktop walaupun dengan spesifikasi yang sama. Karena dari sisi desain dan peruntukannya memang berbeda, desktop didesain untuk digunakan berjam-jam sedangkan laptop didesain untuk pekerjaan yang mengharuskan mobile.

 

Demikian tips sederhana, mudah dan ringan ini. Semoga bermanfaat!
* diolah dari helpdesk internal

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *