7 thoughts on “Tips Meningkatkan Tekanan Air pada Shower

  1. Terus terang saya belum pernah melakukan pemasangan POMPA BOSTER untuk sebuah instalasi air. kebetulan nanti nya akn ada pekerjaan instalasi air….
    yang saya tanyakan, apakah dalam instalsi dengan pompa boster menggunakan pipa biasa atau pipa kusus ? karena ketika saya melihat gambar dari POMPA BOSTER lobang input dan output kok kecil, padahal nantinya kan pakai toren yang besar. terimakasih atas penjelasanya

    • Halo pak,

      Untuk instalasi menggunakan pipa biasa, pak. Untuk lubang-nya sendiri, itu berdiameter 3/4 inch. Jadi justru pada saat instalasi diperlukan converter 3/4 ke 1/2 (banyak dijual di toko) karena biasanya instalasi air dirumah menggunakan pipa berdiamater 1/2 inch.

      Semoga membantu

  2. Dari penjelasan tersebut saya tertarik untuk menggunakan pompa booster khusus untuk shower, kondisi dilapangan pipa ke shower menggunakan pipa 1/2″, sedangkan input dari pompa menggunakan pipa 3/4″
    sehingga harus lakukan converter (istilah dari tukang harus di over sock) dari pipa 1/2″ ke pipa 3/4″ pertanyaan saya :
    1. apakah akan menggangu kinerja dari pompa tersebut?
    2. jika di over sock menurut pengakuan tukang pompa akan sering mati/hidup sendiri walaupun kran tidak dibuka, apakah benar demikian?
    3. jika benar, bagaimana mengatasinya?
    4. untuk instalasi listriknya apakah diperlukan instalasi dengan perlakuan khusus?

    Terima kasih atas sarannya.

    • Pak Santo,
      Hal tersebut tidak akan mengganggu kinerja pompa, selama dilakukan dengan tepat sehingga tidak ada kebocoran. Pompa akan mati/hidup sendiri jika tekanan air berkurang, dalam hal ini disebabkan oleh kebocoran (sekecil apapun) pada sambungan/pipa. Untuk instalasi listrik tidak perlu perlakuan khusus, cuman perlu diperhatikan kualitas kabelnya.

  3. Salam,
    mohon bantuan pak, saya mau pasang pompa booster, yang jadi masalah, di daerah kami sering mati lampu, apa pompa booster masih bisa dilalui aliran air kalo mati lampu?, trims sebelumnya

    • bisa

      “Lalu apakah tekanan air di kran yang lain akan berkurang jika pompa tambahan tidak bekerja? Pastinya tekanan air akan berkurang, tetapi jangan kuatir karena pengurangannya tidak terlalu signifikan dan hampir tidak terasa. Sehingga Anda masih bisa menggunakan kran air yang lain, misalnya di tempat cuci piring, taman, dan lain-lain dengan sama nyamannya seperti pada saat sebelum diberi pompa tambahan.”

  4. Pak,

    Saya mau tanya posisi penempatan pompa booster. Apakah tepat setelah tandon air? Atau ditempatkan ditiap tiap kamar mandir?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>