Jangan terlena dengan teknologi

Jaman sekarang, kita sangat dimanjakan dengan kemajuan teknologi. Banyak “persoalan” bisa diselesaikan dengan mudah tanpa harus bersusah-susah. Lapar? tinggal klik … makanan datang. Ada soal matematika? tinggal pakai AI, selesai. Dompet pun sekarang isinya didominasi oleh dokumen (KTP/SIM/ATM), dan bahkan lama-lama kita pun sudah tidak memerlukan dompet karena KTP pun sudah mulai dalam bentuk digital, kartu ATM sudah tidak perlu karena sudah bisa tarik tunai tanpa kartu.
Mudah sekali bukan?
Ya mudah, tapi jangan terlalu terlena … kita harus pahami dengan betul bahwa “TEKNOLOGI DICIPTAKAN UNTUK MERINGANKAN, BUKAN UNTUK MENGGANTIKAN”
Maksudnya?
Begini … saya gunakan contoh saja supaya lebih mudah mencerna. Satu contoh saja ketika semua sudah tidak lagi membawa uang cash, dan mengandalkan uang elektronik. Selama teknologi itu bisa digunakan atau bisa diakses, maka semua akan aman-aman saja. Akan tetapi ketika itu semua mengalami gangguan atau sengaja dimatikan … apa yang terjadi? Hidup kita akan kena dampak.
Masih ingat, beberapa tahun lalu Jakarta pernah BLACK OUT (mati listrik) selama lebih dari semalam? Bayangkan ketika tidak ada uang cash sedikitpun, apa yang bisa kita lakukan jika harus membeli sesuatu? Saat anda lapar, butuh makan tapi tidak ada uang cash di dompet.

(bersambung)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *